Profil Sofyan Tan


Surat kabar nasional dan terbesar di Indonesia, Kompas tahun 1995, pernah menyebutnya sebagai sosok paling “asli” dibanding orang Indonesia “asli” (Kompas 6 Agustus 1995, “Lebih Jauh dengan Dokter Sofyan Tan.”) karena mendirikan sekolah pembauran. Sebelumnya tahun 1992, Kompas juga menobatkan,  bersama 6 orang Indonesia lain, sebagai “Tujuh orang gila” karena gagasan, pilihan hidup, dan apa yang dilakukan lewat sekolah Sultan Iskandar Muda, di Sunggal, Medan, dinilai unik dan langka dilakukan orang seusianya. 
Tahun 2007, Sofyan Tan terpilih sebagai penerima Penghargaan Danamon Award 2007 dalam kategori Program Gerakan Orangtua Asuh. Tahun 2011, Koran Sindo Jakarta, memilihnya sebagai People of the Year 2012 di bidang Kewirausahaan Sosial.
Lalu tanggal 7 Juni 2014, Maarif Institute, lembaga gerakan kebudayaan dalam konteks keislaman, kemanusiaan dan keindonesia sesuai cita-cita intelektualisme tokoh nasional Buya Ahmad Syafii Maarif, mantan Ketua Umum PP Muhammadyah dan mantan President World Conference on Religion for Peace (CWCRP), memberi penghargaan  Maarif Award kepada sekolah yang ia dirikan.
Sofyan Tan bersama sekolahnya  dinilai telah berdedikasi merawat keindonesiaan dengan menjadikan pendidikan sebagai media untuk  meruntuhkan tembok segregasi etnis dan menghapus kebencian yang bersumber dari prasangka etnisitas. Pendekatan subsidi silang pembiayaan sekolah dari orang mampu ke yang tidak mampu, juga dinilai telah  berperan penting dalam mengikis kecemburuan sosial akibat kesenjangan ekonomi
Pada tahun yang sama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, menganugerahkan Penghargaan  Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda sebagai Yayasan Pendidikan Peduli Sosial.
 Sofyan Tan  adalah satu dari sekian orang tokoh Tionghoa Indonesia,  yang kiprah dan jasanya dalam bidang pendidikan telah diapresiasi pemerintah, lembaga swasta maupun media massa. Namun Sofyan Tan bukan hanya dikenal sebagai tokoh penganjur pluralism dan multikulturalisme  lewat pendidikan. Ia juga tokoh lingkungan yang berjuang untuk pelestarian orang utan dan mempromosikan pentingnya pertanian selaras alam dengan mendirikan Yayasan Ekosistem Lestari. Ia juga banyak terlibat dalam usaha penguatan ekonomi kerakyatan lewat Usaha Menengah, Kecil  dan Mikro (UMKM).   
  Sekolah Sultan Iskandar Muda, yang ia dirikan bersama isterinya, Elinar,  pada 25 Agustus 1987, juga telah memberi santunan terhadap anak-anak miskin sejak 1990 melalui  Program Anak Asuh dan Sofyan Tan Scholarship (20913).
Sampai tahun 2016 ada 3.305 siswa berstatus anak asuh.  Mereka memiliki latar belakang  suku, agama dan budaya  beragam. Ada Nias, Batak, Tionghoa, Jawa, Melayu, Tamil dsb.  Kini sebagian besar dari anak asuh telah  bekerja di beberapa  perusahaan swasta, ada yang jadi  guru, staf administrasi, bahkan ada yang pernah menjadi kepala ekolah. Ada juga yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Mereka mendapat beasiswa dari Sofyan Tan Scholarship, diluncurkan sejak Juni 2013, atau dari beasiswa pemerintah.
Pada Pemilu Legislatif tahun 2014, dr Sofyan Tan terpilih sebagai anggota DPR RI dari Sumatera Utara. Ia berhasil meraih suara terbanyak di daerah pemilihannya, yakni  113.717 suara. Daerah pemilihan itu meliputi Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Tebing Tinggi.
Dr. Sofyan Tan alias Tan Kim sendiri lahir di Desa Sunggal, Medan Sunggal, pada 25 September 1959. Ia berasal  dari sebuah keluarga Tionghoa sederhana. Ia merupakan anak ke - 8 dari 10 yang lahir  dari pasangan Hisar (Tan A Guan)  dan Hermina (Lie Giok Hwa). Kedua orangtuanya telah meninggal dunia. Hisar meninggal tahun 1980 sedangkan Hermina tahun 2012.
Dr. Sofyan Tan  menikah dengan Elinar dan dikaruniai 4 anak yaitu: Tracey Yani Harjatanaya, BA, MSc, dan kini kandidat PhD pendidikan dari Oxford University, Inggris. Anak kedua Cindy Yani Hardjatanaya, BA (Hons), MA, Art Theraphy Master  dari Lasalle College University Singapore. Lalu yang ketiga Felix Iskandar Harjatanaya, BSc  menyelesaikan studi in biochemist University of Birmingham, dan terakhir Davin Iskandar Harjatanaya, mahasiswa Jurusan Civil Engineering University Collage London.


Tentang dr.Sofyan Tan

Kenal Lebih Jauh Seputar Profil dr.Sofyan Tan
 Profil Dr.Sofyan Tan

  keterangan

 Official Facebook FanPage

  keterangan

 Official Twitter

  keterangan's.

 Official Youtube Channel

  keterangan's.

Kerja Nyata Untuk Indonesia

Our process on creating awesome Indonesia.

17

Organisasi Tergabung

5

Penghargaan Diraih

7

Buku Menginspirasi

25

Tokoh Inspirasi