Sofyan Tan Berhasil Perjuangkan 88 Mahasiswa

Beasiswa Bidikmisi

(Analisa/istimewa) FOTO BERSAMA: Anggota Komisi X DPR RI dr Sofyan Tan foto bersama dengan mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi, Rektor Unpri serta pada dosen pada penyerahan beasiswa tersebut di Kampus Unpri, Jumat (19/1).
Medan, (Analisa). Anggota DPR RI dari Komisi X dr Sofyan Tan berhasil perjuang­kan 88 mahasiswa asal Sumatera Utara (Sumut) mendapatkan bea­siswa bidikmisi dari Kemen­terian Riset dan Pendidikan Tinggi di 2018.
Setiap mahasiswa yang menda­patkannya akan dibebaskan uang kuliah hingga selesai baik yang ber­kuliah di perguruan tinggi ne­geri (PTN) maupun di perguruan tinggi swasta (PTS).
Selain itu se­tiap mahasiswa juga diberikan uang saku Rp650 ribu per bulan. Bagi mahasiswa asal Sumut yang berkuliah di luar dae­rah disediakan biaya kedatang­an atau biaya hidup awal yang be­sarannya setara dengan uang saku per bulan.
"Ini mengejutkan sekali. Kare­na beasiswa bidikmisi ini sulit mem­perolehnya karena syaratnya ketat. Apalagi untuk PTS biasa kuo­tanya hanya satu atau dua maha­siswa," ungkap Sofyan Tan saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan SK penerima bea­siswa bidikmisi di Aula Kam­pus Universitas Prima Indo­ne­sia (Unpri) Jalan Belanga, Jumat (19/1).
Dari 88 mahasiswa yang mene­rima beasiswa bidikmisi sebagian besar dari sejumlah PTS seperti Unpri 20 orang, STIE Eka Prasetya (14), AMIK Medicom Medan (20), STMIK TIME Medan (13) dan universitas swasta lainnya. Selain itu terdapat juga mahasiswa asal Sumut yang kuliah di luar provinsi seperti Universitas Malikussaleh, Universitas Bangka Belitung, Univeristas Jambi dan Universitas Negeri Yogyakarta.
Disebutkan jika di 2017 terda­pat 88 mahasiswa yang bisa diper­juangkan untuk mendapat­kan beasiswa bidikmisi, untuk 2018 dirinya sudah menyiapkan kuota 300 mahasiswa penerima bidik­misi dari Sumut. "Tahun ini (2018), 300 penerima bidikmisi kita targetkan untuk diperjuang­kan," kata politisi PDI Perjuangan itu.
Seleksi ketat
Namun diingatkan agar pihak universitas melakukan seleksi yang ketat dalam mengusulkan nama. Sebab banyak yang ditolak jika saat verifikasi ternyata maha­siswa dianggap mampu secara ekonomi. Program beasiswa bidik­­misi hanya diperuntukkan bagi mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu namun punya prestasi akademik yang baik.
Ia berpesan ke seluruh mahasis­wa penerima beasiswa agar mem­pertanggungjawabkan apa yang telah diterima dan dibantu oleh pemerintah dengan cara belajar sungguh-sungguh, tunjuk­kan pres­tasi akademik dengan indeks prestasi minimal 3 serta tamat tepat waktu. Tidak ada alasan bagi pe­nerima beasiswa bidikmisi untuk tidak berprestasi. Sebab se­bagian besar biaya kuliahnya telah dibantu pemerintah. Jadi tugas mahasiswa hanya tinggal belajar, tidak lagi perlu merasa membe­bani keluarga dengan biaya kuliah.
Sofyan Tan dalam kesempatan itu memberikan motivasi ke mahasiswa bagaimana kiat untuk sukses meski dengan kondisi eko­nomi keluarga kurang mampu. Me­nurutnya tidak masalah dan jangan berkecil hati jika dalam beberapa tahun selama berkuliah merasakan hidup sengsara. Karena hidup sengsara hanya bersifat sementara bagi orang yang punya semangat dan ketekunan tinggi dalam belajar.
"Saya sebenarnya cemburu dengan mahasiswa penerima beasiswa hari ini. Karena saya dulu saat kuliah sangat susah pas papa saya meninggal. Jadi saya biayai kuliah dengan bekerja sebagai guru dan ngajar les. Makanya saya sekarang mau balas dendam dalam arti positif, yakni membantu orang-orang yang susah untuk tetap bisa sekolah dan kuliah hing­ga tamat agar berhasil," ujarnya.
Rektor Unpri Dr Chrismis No­valinda Ginting MKes dalam ke­sem­patan itu mengungkap rasa te­rima kasihnya atas perjuangan Sofyan Tan yang begitu gigih hingga banyak mahasiswa baik dari PTN dan PTS yang meraih bea­siswa bidikmisi. Sehingga banyak mahasiswa hari ini yang terbantu dan tidak perlu lagi pusing memikirkan uang kuliah.
"Terima kasih atas perjuangan yang diberikan Pak Sofyan Tan. Sungguh ini sebuah perjuangan besar, krn banyak mahasiswa yang akhirnya bisa kuliah tanpa pusing memikirkan biaya kuliahnya. Saya berharap yang menerima beasiswa bisa bertanggung jawab menyele­saikan studi tepat waktu dan me­miliki IP yang baik," ujarnya.
Salah satu perwakilan penerima beasiswa bidikmisi dari Unpri Florentina mengatakan siap mem­pertanggungjawabkan apa yang telah diperjuangkan Sofyan Tan kepada mereka. Beasiswa yang mereka terima sangat mem­bantu dalam mewujudkan mimpi dan cita-cita.
"Doakan kami agar sukses dan berprestasi dalam belajar. Kami janji akan mempertanggung jawab­kannya. Dan berdoa agar Pak Sofyan Tan bisa terpilih kem­bali," katanya. (rel/rrs)
sumber : http://harian.analisadaily.com/kota/news/sofyan-tan-berhasil-perjuangkan-88-mahasiswa/489971/2018/01/20

Tentang dr.Sofyan Tan

Kenal Lebih Jauh Seputar Profil dr.Sofyan Tan
 Profil Dr.Sofyan Tan

  keterangan

 Official Facebook FanPage

  keterangan

 Official Twitter

  keterangan's.

 Official Youtube Channel

  keterangan's.

Kerja Nyata Untuk Indonesia

Our process on creating awesome Indonesia.

17

Organisasi Tergabung

5

Penghargaan Diraih

7

Buku Menginspirasi

25

Tokoh Inspirasi